Materi Pelajaran Bahasa Inggris SMA/SMK/MA Kelas XII Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013

Sebagai informasi bahwa pada mata pelajaran Bahasa Inggris SMA/SMK/MA Kelas XII kurikulum 2013 terdiri dari 12 chapter materi yang nantinya akan di pelajari, diantaranya sebagai berikut:

Chapter 1 May I Help You?

  1. Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menawarkan jasa, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan May I help you? What can I do for you? What if …?)
  2. Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sederhana yang melibatkan tindakan menawarkan jasa, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks.


Chapter 2 Why Don’t You Visit Seattle?

  1. Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah/saran, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan if dengan imperative, can, should).
  2. Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah/saran, dengan memerhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.


Chapter 3 Creating Captions

  1. Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption, dengan memberi dan meminta informasi terkait gambar/foto/tabel/grafik/bagan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
  2. Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk caption terkait gambar/foto/tabel/grafik/ bagan.
  3. Menyusun teks khusus dalam bentuk teks caption terkait gambar/foto/tabel/grafik/bagan, dengan memerhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.


Chapter 4 Do You Know How to Apply for a Job?

  1. Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk surat lamaran kerja, dengan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan latar belakang pendidikan/ pengalaman kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya.
  2. Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk surat lamaran kerja yang memberikan informasi terkait jati diri dan latar belakang pendidikan/ pengalaman kerja.
  3. Menyusun teks khusus surat lamaran kerja, yang memberikan informasi antara lain terkait jati diri dan latar belakang pendidikan/pengalaman kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.


Chapter 5 Who was Involved?

  1. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks news item berbentuk berita sederhana dari koran/radio/TV, sesuai dengan konteks penggunaannya.
  2. Menangkap makna dalam teks berita sederhana dari koran/radio/TV.


Chapter 6 Online School Registration

  1. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks news item berbentuk berita sederhana dari koran/radio/TV, sesuai dengan konteks penggunaannya.
  2. Menangkap makna dalam teks berita sederhana dari koran/radio/TV.


Chapter 7 It’s Garbage In, Art Works Out

  1. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks news item berbentuk berita sederhana dari koran/radio/TV, sesuai dengan konteks penggunaannya.
  2. Menangkap makna dalam teks berita sederhana dari koran/radio/TV.


Chapter 8 How to Make

  1. Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait manual penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
  2. Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks prosedur lisan dan tulis, dalam bentuk manual terkait penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips).
  3. Menyusun teks prosedur, lisan dan tulis, dalam bentuk manual terkait penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), dengan memerhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar, dan sesuai konteks.


Chapter 9 Do it Carefully!

  1. Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait manual penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
  2. Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks prosedur lisan dan tulis, dalam bentuk manual terkait penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips).
  3. Menyusun teks prosedur, lisan dan tulis, dalam bentuk manual terkait penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), dengan memerhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.


Chapter 10 How to Use Photoshop?

  1. Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait manual penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
  2. Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks prosedur lisan dan tulis, dalam bentuk manual terkait penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips).
  3. Menyusun teks prosedur, lisan dan tulis, dalam bentuk manual terkait penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), dengan memerhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.


Chapter 11 Let’s Make a Better World for All

  1. Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK
  2. Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/ SMK/MAK

UNDUH BUKU SISWA DAN BUKU GURU BAHASA INGGRIS SMA/SMK/MA Kelas XII KURIKULUM 2013

  •  Buku Siswa Bahasa Inggris SMA/SMK/MA Kelas XII Kurikulum 2013 (DISINI)

SOCIAL FUNCTION

  • Asking for and giving services
  • Planning future activities
  • Giving suggestions, advices and instructions
  • Giving information through pictures, photos, tables, graphics, charts
  • Giving information related to applicant’s competence
  • Responding to and creating news items (from newspaper/radio/tv)
  • Giving information about an event (news item)
  • Giving information about certain procedures
  • Showing some tips on how to do something
  • Entertaining, introducing moral values, and appreciating cultural values

TEXT STRUCTURE

  • Conditional statements
  • various
  • Letter head, date, address of receiver, salutation, body, closing, signature, mname of applicant
  • Headlines, summary of events (who, what, where, why, etc.), quotes
  • Lead, events, quotes
  • Steps in using technological products
  • Tips in doing something (goal, materials, steps)
  • Songs

 20,589 total views,  4 views today